NOAH

NOAH Album Studio

NOAH

Asal: Bandung, Indonesia
Label: Musica Studio's
Genre: Pop, Pop Rock, Pop Alternatif, Rock Alternatif, Grunge (awal), Britpop (awal)
Personil: Ariel (Vokalis), Uki (Gitar), Lukman (Gitar), David (Keyboard), Rio (Drum)
NOAH adalah grup musik Indonesia yang sebelumnya bernama Peterpan. Awalnya perseteruan personil utamanya antara Ariel dan Andika telah menghasilkan perpecahan grup yang memilih berjalan pada jalur masing-masing. Andika dan Indra resmi keluar dari Peterpan pada tanggal 4 November 2006. Kedua mantan personil Peterpan ini pada akhirnya membentuk grup musik baru, The Titans.

Tak puas, Andika kemudian menuntut Ariel dkk untuk melepaskan nama band "Peterpan" dengan alasan bahwa Peterpan adalah nama pemberian bundanya dan keberatan jika mereka masih mempertahankan nama tersebut. Ariel, Uki, Lukman dan Reza setuju dan berjanji akan mengganti dengan nama yang baru. Setelah merilis beberapa album, nama NOAH diumumkan sebagai wadah band baru mereka.

Grup musik ini mengumumkan nama tersebut pada tanggal 2 Agustus 2012. Nama baru itu sebenarnya sudah ada sejak tahun 2010. Ada 4 calon nama pengganti yang disiapkan: Raokin, Tanaris, Masterplan, dan Noah. Tapi 2 minggu sebelum nama NOAH dikumandangkan, band ini mengalami krisis terberatnya: Ariel harus mendekam di penjara akibat keterlibatannya dalam kasus konten video seksual.

Setelah berganti nama, NOAH merilis singel berjudul "Separuh Aku". Mereka juga meluncurkan buku otografi "Kisah Lainnya" pada 9 Agustus 2012. Buku ini dijual di semua toko Kepustakaan Populer Gramedia seharga Rp. 65.000 dan Bonus CD Audio Album Instrumental "Suara Lainnya". Nama sebutan penggemar mereka juga berganti dengan menghilangkan embel-embel Peterpan atau hanya SAHABAT.

Pada September 2013 setelah NOAH menggelar konser 2 Benua 5 Negara, peluncuran buku terbaru kembali diresmikan dengan judul "6.903 Mil". Buku ini adalah bagian kedua dari Kisah Lainnya dan menceritakan kesuksesan di balik konser 2 Benua 5 Negara yang di gelar selama sehari penuh. Peredaran buku tersebut meliputi Kepustakaan Populer Gramedia, Blibli.com dan Bukukita.com.

2 bulan kemudian tepatnya November 2013, Noah resmi meluncurkan film dokumenter terbaru berjudul "NOAH: Awal Semula". Film ini menceritakan perjalanan grup musik terbesar Indonesia itu disutradarai oleh Putrama Tuta. Film ini diputar serentak di bioskop seluruh Indonesia dimulai tanggal 14 November 2013 dan Hongkong pada 8 Desember 2013.